Connect with us

Wisata

Liburan Seru dan Murah Ke Tempat Wisata di Solo Ala Backpacker

            Pada masa liburan bisa digunakan dengan mengunjungi wilayah solo dengan gaya backpacker agar lebih nyama, murah, asyik, dan hemat. Liburan ala backpacker menjadi salah satu alternatif untuk kamu yang ingin liburan dengan budget yang terjangkau. Kebanyakan liburan semacam ini biasanya dilakukan oleh wanita dibandingan pria. Setiap orang membutuhkan liburan untuk melepaskan kejenuhan dari kesibukan setiap harinya, Liburan sangat diperlukan untuk menjernihkan otak, hati dan tubuh dengan beristirahat sejenak. Berlibur memanga paling mengasyikkan Bersama keluarga dan teman. Namun pernah tidak kamu berpikir untuk berlibur sendirian?

            Saat ini melakukan perjalanan liburan tidak harus bersama-sama, sendirian pun bisa kamu lakukan. Liburan seperti itu dinamakan liburan ala backpacker.  Liburan sendirian bisa jadi sangat mengasyikkan apalagi jika kamu sudah merencanakan dengan matang sebelumnya. Berpetualang sendirian akan melatih kemandirian seseorang. Kita hanya mengandalkan diri sendiri saat backpacker. Pengalaman sangat seru ketika kamu bertemu dengan banyak oranng baru dan menanmbah referensi lokasi wisata pastinya jadi tidak terlupakan. Dengan berlibur sendirian ala backpacker kamu bisa mengenal dirimu jauh lebih baik lagi. Kamu bisa berlatih untuk bisa lebih percaya diri dan bisa belajar membuat keputusan sendiri.

Solo yang biasa dikenal dengan nama Surakarta mungkin sudah tidak asing lagi untuk kamu. Kota ini terkenal dengan wisata kulinernya, kota ini juga terkenal akan budaya dan tempat wisata yang unik dan indah. Kota Solo mampu menarik minat para wisatawan baik asing maupun lokal untuk datang berkunjung. Berlibur ke kota Solo atau Surakarta sangat mudah. Kamu yang memiliki rencana untuk liburan, kamu bisa mencoba berilibur ke tempat wisata di Solo yang sayang untuk dilewatkan. Solo memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, sejarah, religi, budaya sampai modern.

Solo terkenal dengan harga-harga yang murah. Inilah tips liburan ke solo ala backpacker dengan biaya yang sangat murah, yaitu sebagai berikut :

1. Kereta Ekonomi

Terdapat dua opsi kereta ekonomi dari Jakarta, yakni Gaya Baru Malam Selatan dan Bengawan. Saat ini Bengawan menduduki tarif terendah yakni Rp 74.000 sementara jika menggunakan Gaya Baru Malam Selatan Rp 98.000. Untuk memesan kereta ini, kamu bisa menset stasiun asal di Stasiun Pasar Senen, dan tujuan akhir di Stasiun Purwosari maupun Stasiun Balapan Solo.

2. Penginapan murah

Ada beberapa penginapan murah di sekitaran Laweyan, Keprabon, maupun sekitar Terminal Tirtonadi dengan harga tak sampai Rp 100.000 per malam. Kamu bisa mencarinya langsung dengan mendatangi lokasi, karena tak semua bisa dipesan secara online. Tapi jika ingin mencari penginapan yang bisa dipesan online, tentunya kamu bisa memesan secara online lewat BliBli.com.

3. Sewa motor

Karena Solo kotanya tidak terlalu luas dan tidak semacet Jakarta, maka mengelilingi Solo bisa kamu lakukan dengan menyewa motor dengan harga sekitar Rp 70.000 per hari.

Tapi jika tidak ingin menyewa, maka Kamu bisa menggunakan berbagai moda transportasi umum yang ada. Seperti Batik Solo Trans (BST), angkutan kota, atau mungkin ojek online.

3. Kunjungi wisata kuliner dengan harga terjangkau

Jika ingin mencicip aneka rupa kuliner khas Solo namun dengan harga terjangkau, maka pilihannya adalah berkunjung ke Pasar Gedhe atau pasar-pasar tradisional lain seperti Pasar Kleco atau Pasar Legi. Di pasar-pasar tersebut ada banyak jajanan murah, seperti nasi liwet, pecel gendar, serabi, gudeg, serta dawet telasih.

4. Makanan di HIK

HIK merupakan sebutan angkringan yang ada di Solo. Warung HIK kerap kali menyediakan menu makanan khas berupa nasi kucing (nasi lauk suwiran bandeng) dengan harga Rp 1.000-Rp 3.000 per porsi. Di HIK biasanya juga terdapat aneka lauk yang dijual dengan harga miring. Ada banyak warung HIK di Kota Solo, termasuk di sepanjang jalan Slamet Riyadi. Di jalan ini kalau malam ada beberapa penjual HIK dari mulai dekat Stasiun Purwosari hingga di ujung Patung Gladak. HIK juga bisa dijumpai di gang-gang kecil sebuah perkampungan di Kota Solo. Makan di HIK adalah solusi untuk berhemat. Pun, jika tidak ingin makan di HIK, kamu juga bisa pula mencari warung-warung yang menjual nasi sayur dengan kisaran harga yang terjangkau. Biasanya seporsi nasi sayur di Solo dijual seharga Rp 5.000 per porsinya.

5. Jelajah tempat wisata di Solo yang hemat biaya

Tempat wisata di Solo rata-rata tarifnya murah, beberapa tempat bahkan gratis. Beberapa wisata murah di Solo diantaranya seperti Keraton Solo, Museum Keris, Museum Batik Danar Hadi, Museum Radya Pustaka, Lokananta yang tarif masuknya tak sampai Rp 15.000 per orang. Jika mau berkunjung secara gratis, Kamu bisa menjajal berkunjung ke Masjid Agung Surakarta, Alun-alun kidul, balaikota, atau mungkin menyisir Jl Slamet Riyadi.

Kamu ingin tahu apa saja tempat wisata di Solo yang wajib kamu datangi untuk berlibur? Inilah beberapa rekomendasi tempat wisata di Solo yang wajib kamu kunjungi saat berlibur di Solo, yaitu :

1. Air terjun Grojogan Sewu Tawangmangiu

2. Keraton Surakarta

3. Kolom renang pandawa water world Solo terbaru

4. Kampung batik kauman

5. Pasar Klewer

6. Istana Pura Mangkunegaran

7. Air terjun Jumog

8. Museum batik danar hadi

9. Pantai Nampu

10. Ngarsopuro night market

11. Kebun binatang Taru Jurug

12. Telaga Wadirda

13. Taman Balekambang

14. Pasar Triwindu Solo

15. Taman Sriwedari

16. Museum purbakala Sangiran

17. Monumen Pers

18. Galabo Solo

19. Monumen tugu

20. Pusar Grosir Solo

Setelah melihat banyak pilihan tempat wisata di Solo yang sangat menarik sekali untuk di kunjungi. Kira-kita tempat wisata di Solo mana saja yang akan menjadi pilihan anda untuk berlibur di pekan ini? Kamu tidak perlu bingung dan khawatir lagi untuk berlibur ke tempat wisata di Solo ala backpacker.